Minggu, 25 Februari 2018

Warta Jemaat 25 Februari 2018

Ringkasan Khotbah 18 FEBRUARI 2018

TEMA : CINTA RUMAH TUHAN
AYAT POKOK : Mazmur 27 : 4
PEMBICARA : Pdt. Okky Filipus S.

Mazmur 27 : 4 ➠ satu hal telah kuminta

Daud hanya seorang gembala dari desa kecil ,tetapi kemudian mengapa kita harus mencintai rumah Tuhan :
1. Rumah Tuhan merupakan suatu pernyataan keberadaan Tuhan Keluaran 25 : 8
2. Rumah Tuhan adalah tempat kita bertemu dengan Tuhan I Raja-raja 8 : 10-11 ➠ bertemu Tuhan membuat kuat dan tidak meninggalkan Tuhan.
3. Rumah Tuhan adalah tempat kita berhubungan Tuhan secara terus menerus I Tesalonika 5 : 17.
4. Rumah Tuhan adalah tempat dimana kita mengatur persembahan Mazmur 96 : 8.
5. Rumah Tuhan adalah tempat kita mengalami kuasa Kisah Para Rasul 3 : 1-10.
6. Jadi kesaksian.
7. Tempat kita menerima upah Mazmur 118 : 26.

II Samuel 22 : 32-40 ➠ dalam ayat ini Daud seorang ysng perkasa nsmun demikian tetaplah Daud seorang manusia biasa yang bisa capek.II Samuel 21 : 15 ➠ sampai Daud menjadi letih lesu ;Hakim-hakim 15 : 16-18 ➠ simson Mazmur 23 : 1-6,II Samuel 22 : 34-35➠ Daud cerita bagaimana ia dapat menang pada saat ia lemah Ayat 34.Berbagai pergumulan kita harus hadapi terkadang membuat kita kehilangan kekuatan tetapi Tuhan akan memberikan kita kaki rusa/kuat Habakuk 3 : 17-18 ➠ pohon ara tidak berbunga II Korintus 12 : 7-10.

ALASAN BERHARAP KEPADA TUHAN


Baca : Ratapan 3:21-26



"Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN."  Ratapan 3:26

Kitab Ratapan ditulis Yeremia sebagai ungkapan kepedihan hatinya yang mendalam atas kehancuran Yerusalem:  tembok-tembok kota yang runtuh dan pembuangan orang-orang ke Babel.  Sambil duduk ia menangis dan meratapi Yerusalem:  "Ah, betapa terpencilnya kota itu, yang dahulu ramai! Laksana seorang jandalah ia, yang dahulu agung di antara bangsa-bangsa. Yang dahulu ratu di antara kota-kota, sekarang menjadi jajahan. Yehuda telah ditinggalkan penduduknya karena sengsara dan karena perbudakan yang berat; Jalan-jalan ke Sion diliputi dukacita, karena pengunjung-pengunjung perayaan tiada; sunyi senyaplah segala pintu gerbangnya,"  (Ratapan 1:1, 3, 4).

     Namun meskipun dimulai dengan ratapan, di balik itu ada pengharapan untuk dipulihkan.  Ada janji pemulihan bagi setiap orang yang berharap kepada Tuhan!  "Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN."  (ayat nas).  Janji pemulihan disediakan bagi orang-orang yang senantiasa bertekun menati-nantikan Tuhan.  Menantikan Tuhan berarti menaruh harap dan memercayakan hidup sepenuhnya kepada Tuhan, serta memandang Dia sebagai satu-satunya sumber pertolongan, bukan yang lain.  "Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya...orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah."  (Yesaya 40:29, 31).  Orang yang menati-nantikan Tuhan akan beroleh kekuatan baru, kemampuan untuk mengatasi masalah dan kesanggupan untuk terus berjalan maju melewati badai.

     Apa alasan kita berharap kepada Tuhan dan menantikan-Nya?  Karena  "Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!"  (Ratapan 3:22-23).  Tuhan juga telah berjanji bahwa Ia sekali-kali tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita  (Ibrani 13:5b),  "Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: 'Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?'"  (Ibrani 13:6), karena  "TUHAN adalah bagianku,"  (Ratapan 3:24).  Setiap orang percaya telah dimeteraikan dengan Roh Kudus sebagai tanda milik Kristus, yang berarti Tuhan adalah jaminan kita.


Pengharapan kita hanyalah Tuhan, bukan apa pun yang lain yang ada di dunia ini!

Alasan Membaca Alkitab dan Bahaya Bagi yang 

Tidak Membaca Alkitab

Berikut ini disadur dari buku J.C. Ryle, How Readest Thou? Tentang mengapa perlu membaca Alkitab.
Pertama, karena tidak ada pengetahuan yang secara absolut dibutuhkan manusia untuk keselamatan, kecuali pengetahuan akan hal-hal yang dapat ditemukan dalam Alkitab.
Kedua, tidak ada buku yang eksis yang ditulis dengan cara seperti Alkitab.
Ketiga, tidak ada buku yang eksis yang mengandung hal-hal yang sedemikian penting seperti dalam Alkitab.
Keempat, tidak ada buku yang eksis yang telah menghasilkan efek-efek yang sedemikian luar biasa bagi manusia seperti Alkitab.
Kelima, tidak ada buku yang eksis yang dapat bermanfaat sedemikian rupa yang orang yang membacanya dengan benar, seperti Alkitab.
Keenam, tidak ada karunia Allah bagi manusia yang sedemikian diabaikan dan disalahgunakan, seperti Alkitab.
Ketujuh, Alkitab adalah satu-satunya pedoman yang dapat dipakai untuk menguji semua masalah doktrin dan kewajiban manusia.
Kedelapan, Alkitab adalah bukuNya, , yang telah menjadi pedoman hidup dan dikasihi oleh semua pelayan Allah yang sejati.
Kesembilan, Alkitab adalah satu-satunya buku yang dapat menghibur manusia dalam waktu-waktu terakhir hidupnya.

Berikut ini masih dari buku yang sama, tentang topik bahaya bagi yang tidak membaca Alkitab.
“Traktat ini bisa jadi jatuh ke tangan seseorang yang dapat membaca, tetapi yang tidak pernah membaca Alkitab sama sekali. Pembaca, apakah anda termasuk yang seperti itu? Jika benar, maka saya ada pesan bagi anda. Saya tidak dapat menghibur anda dalam kondisi pikiran anda sekarang ini. Jika saya melakukannya, maka itu penipuan dan pengejekan. Saya tidak dapat berbicara kepada anda tentang damai dan Sorga, sementara anda memperlakukan Alkitab sedemikian rupa.

● Anda dalam bahaya kehilangan jiwa anda.
● Anda dalam bahaya, karena penelantaran anda terhadap Alkitab adalah bukti jelas bahwa anda tidak mengasihi Allah.
● Anda dalam bahaya, karena Allah akan berhitung dengan anda karena anda mengabaikan Alkitab, dalam hari penghakiman nanti.
● Anda dalam bahaya, karena tidak adalah kesalahan rohani yang anda tidak bisa jatuh ke dalamnya.
● Anda dalam bahaya, karena tidak ada satupun alasan yang baik yang dapat anda pakai untuk mengabaikan Alkitab.”

Diterjemahkan oleh Dr. Steven E. Liauw (Sumber : www.wayoflife.org)

YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI
Segenap Gembala,Majelis dan Jemaat mengucapkan selamat ulang tahun kepada :
BPK/IBU YULIAN yang berulang tahun pada tanggal 25 Februari

BPK A.SINAMBELA yang berulang tahun pada tanggal 1 MARET


† TUHAN YESUS MEMBERKATI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018 TEMA  : Kehadiran Allah dalam rumah kita AYAT POKOK  : Keluaran 25:10-22 PEMBICARA  :  Pdt. O...

Popular Posts