Minggu, 16 September 2018

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018

TEMA :Kehadiran Allah dalam rumah kita
AYAT POKOK :Keluaran 25:10-22
PEMBICARA : Pdt. Okky Filipus S.

Keluaran 25:10-22→tabut /peti yang di buat oleh bangsa israel ini ada atas petunjuk Tuhan lewat musa mulai dari bahan yang di pakai sampe ukuran dan model nya semuanya Tuhan yang kasih petunjuknya.Di dalam tabut ini bukan hanya Allah yang berkuasa tetapi ada pengaruh yang luar biasa tujuan dari tabut Allah ini adalah Ayat 22→kegunaan tabut Allah ini adalah untuk Allah bertemu / berbicara kepada Musa untuk disampaikan  kepada umatNya Ayat 21→isi tabut Allah loh batu/10 perintah Allah.

Allah hadir lewat tabut ini dan apa yang terjadi ketika Allah hadir lewat tabut/peti ini :
1) 1 Samuel 4:1-8→ Allah berfirman kepada musa.Membuat Musa takut dan gentar.
2) 1 Samuel 5:2-4 →membuat kuasa iblis lari/ tunduk Markus 5:1-13→ orang yang di garasa yang kerasukan roh jahat yang di sembuhkan.
3) 2 Samuel 6:11-12→tabut Allah ada di rumah obet edom.dan membuat rumah obet edom di berkati Tuhan.Sekarang Allah tidak lagi berdiam di dalam Tabut/ peti tetapi Dia mau tinggal di dalam kehidupan kita.1 Korintus 6:19→Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu Roma 8:31→jika Allah di pihak kita siapakah yang akan melawan kita.semua musuh akan gemetar.Matius 18:20→ sebab di mana ada 2-3 0rang berkumpul dalam namaKu Aku  akan hadir.Kita undang tabut Allah itu /kehadiran Allah di didalam rumah kita membuat iblis lari dan takut.Kita undang kehadiran Tuhan di rumah kita rumah kita akan di berkati Tuhan.2 Raja raja 4:8-17→ perempuan sumen di berkati Tuhan.

Sebab itu saudaraku undanglah Roh Allah hadir di kehidupan kita semua niscaya Allah akan berkuasa dan bertindak atas kita .Amin 

PERCAYA KEPADA TUHAN MENGANDALKAN-NYA

Baca : 2 Korintus 1:3-11
"Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati."  2 Korintus 1:9b

Sudah menjadi sifat manusia jika dalam segala hal manusia cenderung mengandalkan kekuatan dan kemampuan diri sendiri.  Karena itulah Tuhan terkadang mengijinkan masalah terjadi dalam hidup kita dengan tujuan agar kita menyadari segala keterbatasan dan belajar untuk hidup mengandalkan Tuhan dan percaya kepada-Nya.

     Pengalaman hidup rasul Paulus menjadi pelajaran berharga bagi kita!  Sebagai hamba Tuhan rasul Paulus telah mengalami berbagai kesulitan dan penderitaan.  Tuhan ijinkan hal ini terjadi karena Dia ingin Paulus semakin mengenal pribadi-Nya dan semakin bertumbuh di dalam Dia.  Banyak orang berpikir bahwa hamba-hamba Tuhan pasti akan terluput dari problem hidup.  Tidak!  Ada tertulis:  "Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;"  (Mazmur 34:20).  Dalam setiap kemalangan tangan Tuhan pasti menyertai dan menopang mereka, sehingga mereka tak binasa karenanya.  Paulus mengungkapkan pengalaman hidupnya bersama Tuhan:  "...saudara-saudara, supaya kamu tahu akan penderitaan yang kami alami di Asia Kecil. Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat, sehingga kami telah putus asa juga akan hidup kami. Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati."  (2 Korintus 1:8-9).  Ia mempunyai suatu alasan kuat untuk menaruh kepercayaan pada Tuhan, karena hanya Tuhan yang sanggup menyelamatkannya.  "Dari kematian yang begitu ngeri Ia telah dan akan menyelamatkan kami: kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami, bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi,"  (2 Korintus 1:10).

     Mungkin orang berpikir bahwa Paulus telah keluar dari jalur dan rencana Tuhan sehingga ia mengalami banyak masalah.  Tidak sama sekali!  Tuhan mengijinkan hal itu terjadi,  "...supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati."  (ayat nas).

Tuhan ingin kita mengakhiri ketergantungan kita pada diri sendiri, menyadari keterbatasan kita, percaya penuh kepada-Nya dan hidup mengandalkan Dia!


CURHATLAH PADA TUHAN, JANGAN DI MEDIA SOSIAL


Saat ini ada banyak anak muda galau yang berlomba-lomba mengumbar persoalan hidupnya di media sosial. Mereka seperti haus perhatian dari orang lain padahal mereka tidak saling kenal. Jika tak seorangpun mempedulikan status yang dibagkan di media sosial, terkadang mereka akan semakin frustasi. Apakah kamu juga sering curhat di media sosial?

Tidak ada gunanya curhat di media sosial. Tidak akan ada orang yang benar-benar peduli kepada kita bahkan untuk sekadar mendoakan. Curhatlah kepada keluarga, sahabat, atau kakak rohani kita, sebab merekalah yang akan selalu mendukung kita dalam doa. Mereka jugalah yang akan memantau kehidupan kita sehingga saat kita galau, merekalah yang akan menghibur.

Jangan pula bertengkar dengan teman di media sosial. Komentar orang-orang yang tidak mengenal dan yang tidak mengetahui persoalannya hanya akan memperkeruh keadaan. Jika ada masalah dengan teman, lebih baik segera diselesaikan dengan bertatap muka. Kasihilah temanmu, sebab di dalam kasih tidak ada permusuhan.

Jika kita mempunyai beban yang tidak ingin seorang pun tahu, katakanlah hanya kepada Tuhan saja melalui doa. Tuhan tidak ada di media sosial. Tuhan hanya dapat kita temui ketika kita menyerukan nama-Nya dalam doa. Jangan mempermalukan diri sendiri dengan curhat di media sosial.

Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.Yunus 2:7

YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI
Segenap Gembala,Majelis dan Jemaat mengucapkan selamat ulang tahun kepada :

● IBU RIBKA TAMBUNAN yang berulang tahun pada tanggal 17 SEPTEMBER
● BPK ANDRI yang berulang tahun pada tanggal 18 SEPTEMBER
● IBU MISKE  yang berulang tahun pada tanggal 18 SEPTEMBER
● PRETTY TAMBA yang berulang tahun pada tanggal 20 SEPTEMBER
● BPK FRENGKY yang berulang tahun pada tanggal 21 SEPTEMBER
● SDRA SASTRO yang berulang tahun pada tanggal 21 SEPTEMBER
● HAYDEN KENZDRICH KHO yang berulang tahun pada tanggal 21 SEPTEMBER

† TUHAN YESUS MEMBERKATI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018 TEMA  : Kehadiran Allah dalam rumah kita AYAT POKOK  : Keluaran 25:10-22 PEMBICARA  :  Pdt. O...

Popular Posts