Jumat, 24 Agustus 2018

Warta Jemaat 26 Agustus 2018

Ringkasan Khotbah Sore 19 Agustus 2018

TEMA : Yesus pemberi harapan pasti 
AYAT POKOK :2 Tawarikh 32:8
PEMBICARA : Pdt. Okky Filipus S.

 2 Tawarikh 32:8→ yang menyertai kita Adalah Tuhan.

Dia yang akan memberi kemenangan kepada bangsa israel dan juga kepada kita.Bangsa Israel menjadi kuat /mendapat kepercayaannya kembali,ada harapan buat bangsa israel untuk menang dan harapan itu adalah pasti.Kalau kita menaruh harapan kepada Yesus harapan itu pasti.

Untuk melihat harapan menjadi nyata kita harus memahami beberapa hal yaitu:
1.kita harus percaya dengan rencana Tuhan 
Yeremia 29:11→ sebab Aku ini  mengetahui rancangan rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu.Inilah dasar iman kita apa dan bagaimana pun keadaan kita Ayub 42:2→ Tidak ada rencana Allah yang gagal Yeremian 33:3→berserulah kepada Tuhan.
2. Berseru/berdoa kepada Tuhan.
Yeremia 33:3→ berserulah kepada Tuhan.Untuk memperoleh jawaban dan menarik perhatian Tuhan kita harus berdoa.Markus 10:47→Batemius beseru kepada Tuhan .Janganlah kita berseru kepada allah yang lain yang ada di dunia ini.Imamat 26:1→jangan kamu berbuat berhala bagimu.Ulangan 32:21→berhala membuat Tuhan sakit hati.
3.Mendengarkan suara Tuhan 
Mazmur 95:7-8→kalau engak mendengar suara Tuhan jangan keras kan hatimu.Yeremia.26:12-13→dengarkanlah suara Tuhan Allahku.Yohanes 10:28-29→domba dombaKu mendengarkan suaraKu.
4.Bertanya kepada Tuhan/membangun keintiman dengan Tuhan.
Yeremia 29:13-14→ apabila kamu mencari aku,kamu akan menemukan Aku.Sebab itu marilah saudara dan saya hanya berpengharapan hanya kepada Tuhan karna hanya Dia yang akan memberikan harapan yang pasti bagi kehidupan kita amin.

KEADAAN BAIK ADA SYARATNYA

Baca : Ulangan 22:6-12
"Setidak-tidaknya induk itu haruslah kaulepaskan, tetapi anak-anaknya boleh kauambil. Maksudnya supaya baik keadaanmu dan lanjut umurmu."  Ulangan 22:7
Untuk memiliki pengenalan yang benar akan Tuhan tidak ada jalan lain, selain kita harus memiliki persekutuan yang karib dengan Dia dan dengan tekun membaca, meneliti dan merenungkan firman-Nya.  "Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran."  (Hosea 6:6).  Di situlah kita akan mengetahui dan memahami sifat-sifat Tuhan lebih mendalam.  Betapa hati Tuhan penuh dengan kasih dan keadilan, yang tidak hanya Ia tujukan kepada manusia saja, tetapi juga terhadap setiap makhluk ciptaan-Nya.

     Tuhan mengajar manusia untuk memperoleh keadaan hidup yang baik dan lanjut umur, tapi semuanya itu ada syaratnya yaitu manusia harus taat kepada Tuhan dan firman-Nya.  Jadi, keadaan yang baik dan lanjut umur tidaklah secara otomatis dapat diperoleh.  Tuhan berkata,  "Apabila engkau menemui di jalan sarang burung di salah satu pohon atau di tanah dengan anak-anak burung atau telur-telur di dalamnya, dan induknya sedang duduk mendekap anak-anak atau telur-telur itu, maka janganlah engkau mengambil induk itu bersama-sama dengan anak-anaknya. Setidak-tidaknya induk itu haruslah kaulepaskan, tetapi anak-anaknya boleh kauambil. Maksudnya supaya baik keadaanmu dan lanjut umurmu."  (Ulangan 22:6-7).  Makna apa yang tersirat?  Prinsipnya:  kekejaman, kekejian dan ketidakadilan adalah hal yang sangat dibenci Tuhan.  Keadaan yang baik dan lanjut umur akan menjadi milik kita, apabila kita hidup sesuai dengan hati Tuhan dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

     Dikatakan bahwa  "...apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu."  (Galatia 6:7b-8).  Apabila hal ini terjadi atas diri kita, jalan yang terbaik untuk dipulihkan adalah segera bersimpuh di bawah kaki Tuhan dan memohon pengampunan-Nya.  "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."  (1 Yohanes 1:9).

Hidup seturut dengan hati Tuhan adalah kunci mengalami kehidupan yang baik!


Temuilah Bapa,Dapatkan Kekuatan Dari-Nya

Ada dua macam manusia tentang bagaimana cara mereka menyikapi beban hidup. Ada yang menghadapinya dengan keluh kesah setiap hari, bersedih, bahkan putus asa. Ada pula yang tampak tak memiliki masalah, selalu bersukacita dan penuh ucapan syukur dalam hidupnya.

Perbedaan yang terlihat sangat berpengaruh terhadap apa yang mereka lakukan setiap harinya. Jika hanya berfokus pada permasalahan yang sedang digeluti, maka hanya akan memperumit hidupnya dimana seolah-olah tak ada jalan keluar. Namun saat berfokus pada kekuatan Bapa di sorga, maka tidak ada beban yang terlalu rumit untuk dihadapi.

Temuilah Bapa setiap pagi melalui doa. Hanya di dalam Bapalah kita beroleh ketenangan di tengah badai hidup yang melanda. Di dalam tangan-Nyalah kita akan beroleh kekuatan. Beban hidup boleh menggoncangkan kita, namun iman di dalam Tuhan akan memberikan jalan keluar.

Lalu berdoalah Hana, katanya: “Hatiku bersukaria karena TUHAN, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu.

1 Samuel 2:1

Bersabar Aja
“dan ketabahan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan” (Rom 5:4)


Sahabat muda, di dalam Yesus akan selalu ada pengharapan. Jangan pernah menyerah karena keadaan dan situasi hidup yang menakan. Jangan pernah berpikir bahwa kekuatan kita tidak akan sanggup lagi. Ingat, bahwa kita masih memiliki Tuhan Yesus yang akan memampukan dan akan member kita kekuatan. Di dalam-Nyalah kita beroleh kekuatan dan pengharapan. Kesabaran kita gak akan sia-sia. Semua akan Ia ubah menjadi mujizat besar yang gak pernah kita bayangkan sebelumnya dan membuat mulut kita tidak akan pernah berhenti bersyukur. 

Tuhan memberkati kita semua. Amen.

You are here






JANGAN ACUH TAK ACUH

Baca:  Zefanya 2:1-3
"Bersemangatlah dan berkumpullah, hai bangsa yang acuh tak acuh,"  Zefanya 2:1

Siapa tidak kenal Marilyn Monroe?  Wanita ini lahir 1 Juni 1926 dan berprofesi sebagai aktris, penyanyi, model terkenal dan juga menjadi simbol seks dunia asal Amerika Serikat.  Peraih penghargaan Golden Award for Best Actress untuk film Some Like It Hot  (1960)  dan Golden Globe World Film Favorite:  Female  (1953, 1962)  ini seringkali menjadi trendsetter serta idola wanita dan pria seantero jagad raya ini.  Sayang, perjalanan hidup Marilyn tidak semulus karir dan popularitasnya karena sejarah dunia mencatat bahwa hidup Marilyn harus berakhir secara tragis karena ia ditemukan tewas di apartemennya pada 5 Agustus 1962  (dalam usia 36 tahun)  di puncak karir, akibat overdosis obat tidur.  Yang tidak semua orang ketahui adalah, seminggu sebelum kematiannya ia sempat dikunjungi oleh seorang hamba Tuhan,  Billy Graham, sesaat setelah memimpin ibadah KKR, karena ia diutus Tuhan untuk menyampaikan suatu pesan kepada Marilyn.  Tapi apa jawaban si artis?  "Maaf, aku tidak memerlukan Tuhanmu."  Kekayaan, kecantikan dan popularitas dunia telah menyilaukan mata Marilyn Monroe sehingga tanpa segan ia meremehkan dan mengabaikan peringatan Tuhan.  Jangan sekalipun kita bersikap acuh terhadap peringatan Tuhan sebab ada akibat yang harus kita tanggung!  "Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat."  (Amsal 10:17).

     Ada banyak orang Kristen yang sudah diselamatkan dan mengecap kebaikan Tuhan seringkali bersikap acuh tak acuh terhadap panggilan Tuhan:  panggilan untuk melayani diacuhkan, panggilan untuk memberitakan Injil diacuhkan, panggilan untuk beribadah dan bersekutu dengan Tuhan dianggap sebagai angin lalu, apalagi panggilan untuk bertobat malah ditertawakan.  Kenyamanan, popularitas, kekayaan dan segala kenikmatan dunia lebih memikat dan menyita perhatian sehingga kita merasa tidak membutuhkan Tuhan dalam hidup ini.  Nabi Amos memperingatkan,  "Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang!"  (Amos 6:1).
 "Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar."  Yesaya 42:20
YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI
Segenap Gembala,Majelis dan Jemaat mengucapkan selamat ulang tahun kepada :

● SDRI RIA yang berulang tahun pada tanggal 29 AGUSTUS
● SDRI DAMERIA MAHDAULINA yang berulang tahun pada tanggal 1 SEPTEMBER

† TUHAN YESUS MEMBERKATI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018 TEMA  : Kehadiran Allah dalam rumah kita AYAT POKOK  : Keluaran 25:10-22 PEMBICARA  :  Pdt. O...

Popular Posts