Jumat, 23 Maret 2018

Warta Jemaat 25 Maret 2018

Ringkasan Khotbah 18 MARET 2018

TEMA : Janji Tuhan Bagi Orang Yang
Hidup Didalam Tuhan
AYAT POKOK : Kolose 2 : 6
PEMBICARA : Pdt. Herry P. Manalu
(Tebing Tinggi,Sumut)


Kolose 2 : 6 ➠ hendaklah hidupmu tetap didalam Dia.

Surat Kolose ditulis oleh Rasul Paulus didalam penjara dengan pesan bahwa semua orang yang sudah menerima Yesus agar hidupnya tetap tinggal didalam Tuhan.
Hidup menyatu dengan Tuhan
Menyatu → melekat pada Tuhan Yohanes 15 : 1-8 ➠ Akulah pokok anggur ;Yohanes 15 : 5 ➠ diluar Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa.
Hidup berjalan menurut kehendak Tuhan

Apa janji Tuhan bila kita hidup didalam-Nya : I Timotius 1 : 1-2 Kasih karunia rahmat damai sejahtera dari Allah menyertai kita.
● Rahmat (kemurahan) belas kasihan dari Allah Bahasa Yunani Elios (kemurahan) ;Rahmat berarti janji pertolongan Tuhan dalam situasi yang sulit Lukas 7 : 1-17,Daniel 3 : 16-26
Damai sejahtera 
Bahasa Yunani Eirene → berarti ketenangan hati.

Disini bukan ketenangan yang dari dunia tapi ketenangan yang Tuhan berikan,bukan ketenangan pada saat hidup kita sehat,aman dan saat diberkati tapi pada masa dimana ada kesulitan disitu Tuhan akan memberi ketenangan.Jadi damai sejahtera/ketenangan adalah kesanggupan yang Tuhan berikan agar kita mampu mengucap syukur dalam segala hal.Jadi saudara janji Tuhan pada kita yang tetap hidup dalam Dia akan diberikan rahmat dan belas kasihan,pertolongan,damai sejahtera,ketenangan hati.

† Tuhan Yesus Memberkati †

SAAT KEMULIAAN TUHAN DINYATAKAN


Baca : Yesaya 35:1-10

"Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersorak-sorak dan berbunga;"  Yesaya 35:1

Tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan orang percaya tidak terlepas dari pergumulan hidup.  Acapkali hari-hari yang kita jalani berjalan tidak seperti yang kita harapkan:  krisis keuangan, usaha atau bisnis seret, anggota keluarga sakit, dan masih banyak lagi.  Seberat apa pun itu, kita diajarkan untuk tetap kuat dan selalu berpegang teguh pada janji firman Tuhan.  "Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;"  (Mazmur 34:20).  Selalu ada pertolongan di dalam Tuhan!

     Kalau pun kita harus melewati padang gurun, padang kering, padang belantara  (gambaran masalah, penderitaan, kesesakan atau situasi sulit),  biarlah mata kita tetap tertuju kepada Tuhan.  Percayalah bahwa tidak ada yang mustahil bagi Dia!  Pada saatnya Tuhan akan menyatakan kebesaran kuasa dan kemuliaan-Nya!  "Kemuliaan Libanon akan diberikan kepadanya, semarak Karmel dan Saron; mereka itu akan melihat kemuliaan TUHAN, semarak Allah kita."  (Yesaya 35:2b).  Kata kemuliaan  (bahasa Ibrani Kabod)  memiliki arti mulia, makmur, berlimpah;  (bahasa Yunani doxa)  berarti semarak, kecemerlangan, kemashyuran, terkenal.  Kalau Tuhan datang melawat kita sesuatu yang dahsyat pasti terjadi, kehidupan kita akan dipulihkan dan diubahkan.  Tertulis:  "...mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka...orang lumpuh akan melompat seperti rusa...mulut orang bisu akan bersorak-sorai; ...mata air memancar di padang gurun,...tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan."  (Yesaya 35:5-7).  Luar biasa!

     Pergumulan berat apa yang sedang Saudara alami saat ini?  Berhentilah untuk mengeluh dan bersungut-sungut.  Jangan pula menjadi tawar hati,  "Kuatkanlah hati, janganlah takut!"  (Yesaya 35:4).  Jangan berhenti berharap kepada Tuhan:  "Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!"  (Mazmur 27:14).


"Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku, dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan."  Mazmur 73:24

KEBAHAGIAAN


Oleh: ev.sudiana
Mengapa Kita Tidak Begitu Bahagia?
Roma 14:17

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
Ketika merayakan ulang tahunnya yang ke-75, majalah Forbes mengundang para ilmuwan dari berbagai bidang dan dari berbagai penjuru dunia untuk menjawab satu pertanyaan utama:
"Mengapa kita begitu tidak bahagia?"

Menarik sekali karena para ilmuwan ini semuanya setuju pada satu alasan utama:
● Kita menjadi orang-orang yang bermasalah karena kita tidak punya pegangan dalam bidang moral dan spiritual.
Dalam bukunya "Can Man Live Without God?" apologet Ravi Zacharia mengatakan bahwa isu tentang rasa sakit dan penderitaan menjadi sangat populer dan menjadi hal besar karena orang-orang telah kehilangan pegangan moral dan spiritual.
Rasa sakit kita diperkuat oleh harapan naif bahwa semuanya itu akan bisa dihilangkan atau dibereskan oleh kemajuan ilmu pengetahuan.
Ahli matematika Blaise Pascal mengatakan di dalam hidup manusia ada satu lubang yang hanya bisa diisi oleh UKURAN ALLAH SAJA.
Tidak ada hal lain yang bisa mengisinya, termasuk ilmu pengetahuan, materi yang berlimpah, kesempatan karir, atau keluarga yang luar biasa.
Manusia memang diciptakan untuk sebuah hubungan dengan Allah. Ketika relasi dengan Allah menjadi yang terutama dalam hidup kita, maka segala penderitaan akan menjadi tertanggungkan karena ada makna dan harapan di baliknya.
RAIHLAH KEBAHAGIAAN.......
Berfokuslah pada Allah, maka Anda akan mengalami KEBAHAGIAAN - SUKACITA yang sejati dan seperti janjiNya, "...semuanya itu - YANG ANDA BUTUHKAN akan ditambahkan kepadamu." MAT 6:33
LORD JESUS VERY LOVE U ALL

Sumber: renungan doa pagi

SINGLE HAPPY EXCELLENT
Bacaan :  Pengkhotbah 3 : 1- 8, 11
 “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir”
Pengkhotbah 3 : 11


Sahabat Muda, siapa yang disini single? Kenpa orang kalau ditanya udah punya pacar belum, pasti mikir dulu bagi mereka yang jomblo, tapi bagi mereka yang sudah punya pacar ditanya seperti itu langsung menjawab tidak banyak mikir lagi.
Sahabat Muda, kita mau renungkan apa maksud dari tema kita “Single Happy Excellent (SHE)”. Kenapa orang malu menyatakan statusnya jomblo? Kenapa ya!!!! Kata orang jomblo itu Free, setuju tidak? Mari kita lihat “Jomblo itu free yaitu Freehatin gitu lho”. Ada juga aggapan : “jomblo itu nasib, single itu prinsip”, ada yang tau bedanya apa? tapi ini mungkin anggapan orang yang tidak mau dipandang sebelah mata.
Sahabat Muda, Sering kali musuhnya jomblo itu apa? musuhnya jomblo itu adalah malam minggu, kalau sudah malam minggu bawaannya bete, tidak semangat. Inilah kenyaataan, anggapan-anggapan masyarakat terhadap orang jomblo. Tetapi tidak semuanya negatif, ada juga yang positif.
Sahabat Muda, dalam pengkhotbah 3 : 1 mengatakan bahwa “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah laingit ada waktunya” jadi setiap hal dalam hidup kita ini ada masanya. Semua dalam hidup ada waktunya. Itulah yang harus kita jalani untuk proses penjalanan hidup kita.
Sahabat Muda, dalam pengkhotbah 3 : 11 dikatakan bahwa”Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir”. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Seperti apa sih indahnya? Indah juga ketika kita harus berjuang, ketika kita harus berharap, ketika kita harus menghadapi kesulitan, ketika kita harus mengalami kegagalan. Kalau orang-orang yang tidak mengenal Tuhan menghadapi semua ini mungkin mereka semangatnya kendor, lama-lama semakin kendor. Tapi karena Tuhan, karena kita berhikmat maka kita tidak mengalami putus asa atau kendor.
Sahabat Muda, kita orang kristen butuh hikmat. Hikmat dalam Tuhan itu membuat kita Excellent. Firman Tuhan saat ini mengingatkan kita supa kita menggunakan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk saling menyemangati sesama kita.
 Sahabat Muda, itulah waktu Tuhan yang mengajarkan kita untuk tidak mengandalkan segala sesuatu dalam pikiran kita, tetapi mengandalkan Tuhan dan berharap hanya pada Tuhan. Sama seperti dalam Yeremia 29 : 11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” ingat firman Tuhan ini, sebab segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita ini adalah rancangan Tuhan. Bahwa segala sesuatu itu adalah baik, baik untuk kehidupan kita .Tuhan sudah janji selalu menyertai hidup kita, baik itu belum tentuk enak terus. Itu baik untuk proses dalam hidup kita, itulah cara Tuhan untuk membentuk kita.
Sahabat Muda, ada harapan yang Yesus selalu berikan kepada kita. Marilah kita berjuang terus mengukir masa depan, renungan hari ini “Single Happy Excellent (SHE)” mengajarkan kepada kita. Kalau kita single melakukan hal sesuatu yang baik, kita harus nikmatin supaya kita happy, apapun berkat Tuhan dalam hidup kita harus kita terima. Kita harus menjadi single yang excellent. Kita harus berhikmat, menghilangkan sesuatu yang negatif dengan kata-kata yang positif. Mari kita menjadi orang-orang yang single happy excellent. Amen.

You are here

Wanita Pilihan Tuhan

Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki.” Rut 4:15
Seiring dengan perkembangan emansipasi wanita, tuntutan persamaan hak antara pria dan wanita semakin nyata. Cukup banyak wanita yang sekarang menduduki posisi-posisi strategis baik dalam pemerintahan maupun di dunia bisnis. Hal yang jarang sekali terjadi pada jaman dahulu. Tuhan memang tidak membeda-bedakan antara pria dan wanita. Ada beberapa tokoh wanita dalam Alkitab yang memang dipakai luar biasa oleh Tuhan. Saat ini bagi seorang wanita, untuk menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan. Tetapi untuk menjadi seorang wanita pilihan di hadapan Tuhan juga bukanlah sesuatu hal yang mudah.
Mari kita coba belajar dari kehidupan Rut, perempuan dari Moab yang menjadi menantu Naomi. Ketika keadaan berubah seketika, suami Naomi meninggal, demikian juga anak-anaknya, Rut menunjukkan bagaimana seorang wanita mengambil keputusan yang tepat, sehingga pada akhirnya Rut menjadi seorang wanita pilihan Tuhan.
Berikut dua hal utama dari pribadi Rut:
1. Kesetiaan
Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!” “ Rut 1:16-17
Ketika suami Naomi maupun anak-anaknya, suami dari Rut juga, meninggal, Naomi menyuruh Rut untuk pulang ke rumahnya. Tetapi Rut mengambil keputusan tetap setia mengikuti Naomi kemanapun dia pergi. Bahkan Rut akan setia hingga maut memisahkan.
Kesetiaan dalam hubungan keluarga menjadi suatu hal yang sulit dijalankan, ketika suatu masalah datang. Ketika keadaan berubah menjadi sesuatu yang tidak bisa kita harapkan. Ataupun jika diperhadapkan kepada suatu pilihan seperti yang dialami oleh Rut. Banyak hubungan rumah tangga, hubungan suami-istri maupun hubungan antara mertua dan menantu yang tidak dapat diselamatkan oleh karena tidak adanya kesetiaan di dalamnya.
Rut dapat menunjukkan bahwa dia dapat tetap setia, bahkan siap menanggung segala resikonya apapun yang terjadi. Dia mengerti bahwa ketika dia berkomitmen membina hubungan keluarga, dia harus tetap setia sampai maut memisahkannya. Masalah boleh datang, tetapi biarlah sebagai seorang wanita yang mengenal Tuhan kita tetap memelihara kesetiaan dalam hubungan rumah tangga ataupun keluarga kita.
2. Ketaatan
Lalu kata Rut kepadanya: “Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan.”” Rut 3:5
Rut menghormati dan menaati segala yang dikatakan oleh Naomi kepadanya. Dia juga melakukannya dengan segenap hati tanpa keraguan sedikitpun.
Dalam kitab Rut kita dapat melihat bahwa Rut merupakan seorang wanita yang giat bekerja. Hasil pekerjaannya maupun kebaikannya bahkan diketahui oleh banyak orang.
Ketaatan yang dilakukan Rut membuahkan hasil. Pada akhirnya Tuhan memberkati Rut dengan caraNya sendiri.
Ketaatan pasti mendatangkan berkat. Ketaatan di dalam hubungan rumah tangga maupun keluarga juga akan membawa perubahan yang baik.
Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seorang wantia janganlah menjadi penghalang untuk menjalankan ketaatan. Ketaatan istri terhadap suami merupakan cerminan bahwa wanita tersebut taat kepada Allah. Ketaatan bukanlah sesuatu hal yang dapat ditawar-tawar. Firman Tuhan jelas mengatakan bahwa suami adalah kepala dalam sebuah keluarga. Dengan menjalankan ketaatan dalam hubungan keluarga, kita akan melihat jalan keluar yang Tuhan berikan dalam setiap masalah-masalah kita. Tuhan tidak pernah berhutang bagi setiap orang yang taat kepadaNya.
Pada akhir kitab Rut diceritakan bahwa pada akhirnya Rut dinikahi oleh Boas. Dan mereka melahirkan seorang anak yang diberi nama Obed. Obed adalah orang tua dari Isai, ayahnya Daud (raja Israel). Tuhan tidak melihat latar belakang Rut sebagai perempuan Moab, tetapi Tuhan melihat kesetiaan dan ketaatannya.
Ketaatan dan kesetiaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan bagi seorang wanita yang menjadi pilihan Tuhan.
Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.” Ams 31:30

YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI
Segenap Gembala,Majelis dan Jemaat mengucapkan selamat ulang tahun kepada :

● JOY NAINGGOLAN yang berulang tahun pada tanggal 26 MARET
● JOSE ARRON DEANDRE yang berulang tahun pada tanggal 26 MARET
● BPK HERIYANTO SIMATUPANG yang berulang tahun pada tanggal 28 MARET
● IBU ROTUA P.BR.MARBUN yang berulang tahun pada tanggal 28 MARET

† TUHAN YESUS MEMBERKATI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018 TEMA  : Kehadiran Allah dalam rumah kita AYAT POKOK  : Keluaran 25:10-22 PEMBICARA  :  Pdt. O...

Popular Posts