Minggu, 01 Oktober 2017

WARTA JEMAAT 1 OKTOBER 2017


Ringkasan Khotbah 24 September 2017


TEMA : Menjadi Kuat Didalam Tuhan

AYAT POKOK : Amsal 24 : 10


Amsal 24:10 → Jika engkau tawar hati pada masa kesesakanmu kecil lah kekuatanmu.

Tawar hati adalah suatu kandisi hati yg membuat kiat hilang keberanian patah semangat apatis dan kehilanagn suka cita.penyebab semua itu adalah tawar hati kepada istri suami anak pekerjaan teman-teman orang tua keadaan lingkungan dll.

 Ada beberapa kunci untuk mengatasi tawar hati :
1. Ingat apa yang Tuhan sudah buat dalam kehidupan kita pada masa lalu
1 Samuel 17:32~36 janganlah seorang pun menjadi tawar hati.
2. Menyadari bahwa Tuhan yang menyertai kita 
Yosua 1:9 kuatkan dan teguhkan hatimu Tuhan menyertaimu.Mazmur 60:14 → Dengan Allah kita laku kan perbuatan-perbuatan yang gagah perkasa.
3. Hiburkanlah/Firman Tuhan yang sanggup menghibur
1Tesalonika 5:14 → Hiburlah mereka yang tawar hati .Abraham tidak tawar hati ketika Tuhan minta anaknya demikian juga dengan Nuh dia tidak tawar hati saat Tuhan menyuruh dia untuk buat kapal di atas gunung Yusuf juga tidak tawar hati ketika dia di jual.

Apa yang Tuhan minta dari kita?Hanya jangalah lah tawar hati karna Dia yang akan bela dan bertindak atas kita sebab itu kuatlah hidupmu di dalam Tuhan amin

RENUNGAN

Dunia Yang Semakin Genting

Baca : Lukas 21:25-33

"Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang."  Lukas 21:26

Stres adalah satu kata yang menggambarkan keadaan manusia di zaman sekarang ini.  Secara umum arti kata stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar;  ketegangan.  Banyak orang mengalami tekanan dan ketakutan karena terjadinya hal-hal di bumi yang belum pernah terjadi sebelumnya.  Alkitab sudah menyatakan bahwa menjelang kedatangan Kristus yang kedua kalinya manusia akan mengalami berbagai masalah hidup yang seolah-olah tak ada jalan keluarnya.  Bukankah hal itu sudah dan sedang terjadi?  Setiap hari kita disuguhi dengan berita-berita yang mengejutkan, bukan hanya tentang kejadian-kejadian yang ada di luar negeri, tapi juga berita-berita di dalam negeri sendiri.  Hal-hal yang aneh terjadi di mana-mana!

     Sesungguhnya yang terutama harus diperhatikan adalah kata Tuhan Yesus:  "...dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin."  (Matius 24:10-12).  Karena tekanan-tekanan hidup inilah sering dijumpai orang mudah sekali tersinggung, tersulut emosi, marah dan akhirnya melakukan tindakan-tindakan yang di luar batas kewajaran.  Saat ini beban pekerjaan para psikolog semakin bertambah karena harus melayani pasien yang semakin hari semakin banyak jumlahnya.  Tak terkecuali para pengacara juga kebanjiran order karena semakin hari semakin banyak kasus, dan semakin banyak pula orang yang ingin dibela perkaranya, menuntut keadilan ditegakkan.

     Mari, yang manusia butuhkan sekarang adalah Tabib Agung, penyembuh segala jenis penyakit dan luka-luka batin.  Perhatikan undangan Kristus ini:  "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu."  (Matius 11:28).  Kristus bukan sekedar memberi kelegaan, tapi Dia juga sanggup melepaskan kita dari semua beban fisik maupun mental.


Dalam kegentingan dunia ini kita harus makin melekat kepada Tuhan, sebab "...orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat." Matius 24:13

ARTIKEL ROHANI

CUKUP
Alkisah, seorang petani menemukan sebuah mata air ajaib.  Mata air itu bisa mengeluarkan kepingan uang emas yang tak terhingga banyaknya.  Mata air itu bisa membuat si petani kaya raya seberapa pun yang diinginkannya, sebab kucuran uang emas baru akan berhenti bila si petani berkata, “Cukup.”
Si petani terperangah melihat kepingan uang emas berjatuhan di depan hidungnya.  Diambilnya beberapa ember untuk menampung uang itu.  Setelah semuanya penuh, dibawa ke gubuknya yang mungil untuk disimpan di sana.  Sementara kucuran uang terus mengalir.  Si petani mulai mengisi semua karungnya, seluruh tempayannya, bahkan mengisi penuh rumahnya.  Masih kurang! Dia menggali sebuah lubang besar untuk menimbun emasnya.  Belum cukup!  Dia membiarkan mata air itu terus mengalir hingga akhirnya petani itu mati tertimbun bersama ketamakannya karena dia tidak pernah bisa berkata “cukup”.
Kapankah kita bisa berkata cukup? Hampir semua pegawai merasa gajinya belum bisa dikatakan sepadan dengan kerja kerasnya.  Banyak pengusaha merasa pendapatan perusahaannya masih di bawah target.  Istri mengeluh suaminya kurang perhatian.  Suami berpendapat istrinya kurang pengertian.  Anak-anak menganggap orangtua kurang murah hati.  Semua merasa kurang, kurang, dan kurang.
Kapankah kita bisa berkata cukup?  Cukup bukanlah soal berapa jumlahnya.  Cukup adalah persoalan kepuasan hati.  Cukup hanya bisa diucapkan oleh orang yang bisa bersyukur.  Tak perlu takut berkata cukup.  Mengucapkan kata cukup bukan berarti kita berhenti berusaha.  Cukup jangan diartikan sebagai kondisi stagnan, mandeg, dan berpuas diri.  Mengucapkan kata cukup membuat kita bisa melihat apa yang telah kita terima, bukan apa yang belum kita dapatkan.
Jangan biarkan kerakusan manusia membuat kita sulit berkata cukup.  Belajarlah mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita, maka kita akan menjadi manusia yang berbahagia. (email)


Filipi  4:11 → Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.


JADWAL IBADAH SEPEKAN GPdI Imanuel Pangkalbalam

SELASA
► Ibadah Rayon Pk.19.00
RABU
► Ibadah Wanita Pk.17.00
KAMIS
► Ibadah Pertengahan Minggu Pk.19.00
JUMAT
► doa pelayan Pk.19.00
► latihan persiapan ibadah raya Pk.20.00
SABTU
► Doa Puasa Umum Pk.16.00
► Ibadah Pemuda Remaja Pk. 18.30
MINGGU
►Ibadah Raya I Pk.08.00
►Ibadah Sekolah Minggu Pk.09.00
►Ibadah Raya II Pk.17.00

JADWAL PELAYANAN 8 OKTOBER 2017

IBADAH PAGI
WL : BPK RANGGA
SINGER : BPK MUKSIN ;BPK SITUMEANG ;SDRI KRISTIN ;SDRI CITRA
MUSIK : Tim Musik Pagi
KOLEKTAN : IBU CHULI DAN IBU SUTOYO
PENERIMA TAMU : KEL.BPK RIKI
OPERATOR LCD : SDRA JOY

IBADAH SORE
WL : SDRI NATALIA
SINGER : SDRA APRISON ;SDRA FAULO ;SDRI WIDIA ;SDRI NOVA
MUSIK : Tim Musik Sore
KOLEKTAN : BPK HERIANJA
PENERIMA TAMU : SDRA TUMANGGOR DAN SDRA LORIS
OPERATOR LCD : SDRA FRENGKY

INFO IBADAH RAYON 3 OKTOBER 2017
PASGAR dirumah Mama Gandi
SELINDUNG dirumah Bpk Sutoyo
JL.KOBA & TJ.BUNGA dirumah Bpk Fredi N.

INFO IBADAH WANITA 4 OKTOBER 2017
Dirumah Ibu Ana (Bpk Afut)

YANG BERULANG TAHUN MINGGU INI
Segenap Gembala,Majelis dan Jemaat mengucapkan selamat ulang tahun kepada :
IBU LUSIANA CHANDRA yang berulang tahun pada tanggal 4 Oktober

BPK PERANCIS TAMBA yang berulang tahun pada tanggal 6 Oktober

TUHAN YESUS MEMBERKATI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warta Jemaat 16 September 2018

Ringkasan Khotbah 9 September 2018 TEMA  : Kehadiran Allah dalam rumah kita AYAT POKOK  : Keluaran 25:10-22 PEMBICARA  :  Pdt. O...

Popular Posts